Kelebihan Kain Katun Combed / Cotton Combed

Mei 28, 2017

Kelebihan kain katun Combed / Cotton Comben dibanding jenis kain katun/catoon lainnya adalah salah satu alasan kenapa industri kaos lebih senang menggunakan jenis kain katun combed sebagai bahan dasar kaos yang mereka buat. Salah satunya adalah karena kain katun comben lebih lembut dan tidak kasasr, karena benang yang digunakannya menggunakan benang yang diproses dengan cara di combing.

Dalam industri kaos, umumnya yang sering digunakan adalah jenis kain katun combed dan katun carded. Harga kain catton combed lebih mahal dari pada jenis cotton carded, hal ini dikarenakan kain cotton combed lebih lembut dibandingkan kain catton carded, karena kain katun carded proses pembuatan benangnya tidak menggunakan mesin combing(sisir) malainkan menggunakan mesin carding (garuk). Itulah mengapa kain catton combed lebih sering mdigunakan pada kaos-kaos berkualitas.

Perlu anda ketahui, sebenarnya penamaan Cotton Combed mungkin didasari dari nama mesin pembaut benangnya, yaitu "mesin combing". Jadi , mesin combing ini akan menyisir serat kapas melalui proses yang dinamakan comb atau sisir. Proses ini akan menyisihkan serat kapas yang panjang dan membuat serat yang pendek, sehingga benang yang dihasilkan dari proses ini jauh lebih lembut, kuat, dan tidak ada nap sambungan. Selain itu pada saat pembuatan benang tersebut semua kotoran yang tersisa juga akan dihilangkan alhasil kain yang dihasilkannyapun lembut dan tidak kasar.

Berikut ini beberapa kelebihan kain katun dibandingkan dengan jenis kain lainnya :

  • kainnya nyaman,lembut, dan tidak kasar
  • kainnya lebih kuat dan tidak mudah robek
  • tidak mudah kisut apabila dicuci
  • tidak panas saat dipakai, alias adem
  • menyerap keringat
  • tidak berbulu

dipasaran saat ini dijual beberapa jenis kain catoon combed yang dibedakan berdasarkan tingkat ketebalan, seperti katun combed 20s, 24s, 30s, dan 40s. Untuk kaos yang berkualitas bagus biasanya ditro-distro menggunakan 30s atau 40s. Semakin kecil angka semakin tebal kain tersebut, dan tanda "s" dibelakang angka tersebut artinya adalah "Single knite atau Jarum Tunggal"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5621968238367682"
     crossorigin="anonymous"></script>

Source : kaos-merah

You Might Also Like

0 komentar